A directory

Coach Marita, Founder Blogspedia Coaching Blogger

3 komentar

 

Coach Marita Bloggerpreuner

Assalamu’alaikum Readers! 

Berawal dari rasa syukur bisa tetap update blogku hingga hari ini, maka sosok yang satu ini ingin banget aku tempatkan dalam ruang khusus profilku kali ini. Adalah coach Marita, seorang perempuan blogger yang keren dan tangguh. Jadi ingat ketika sedang ngerjakan tugas dan aku berhasil melaksanakan dengan baik, lalu binar bahagiaku bisa dirasakan juga oleh suami meski hari itu tak ada masakan yang tersaji. 
Kataku, “ Keren sih mbak ini yang buka kelas coaching blog, segini ini gratis lho.” Pak Suami pun menimpali, “ Iya, luar biasa dia, semoga jadi ilmu yang bermanfaat dan mengalirkan pahala padanya. “ Aamiin.

Jika bersyukur pada Allah dengan mengucap hamdalah dan berusaha memanfaatkan nikmat yang diberikan sebaik mungkin maka bersyukur pada sesama manusai dengan mengucap terima kasih, mendoakan kebaikan padanya dan berusaha mengamalkan ilmu yang diberikan olehnya. Kenapa meski bersyukur? Agar nikmat kita makin bertambah. Kenapa berterima kasih ? Agar coach tetap mau membagikan ilmunya (*maunya..... 

Mengenal Lebih Dekat Coach Marita 


Rencana awal mau wawancara gitu sama mbak Marita, tapi berhubung harinya semakin dekat, dan mbaknya nggak buka WA sejak pagi sementara harus segera membuat draf postingan maka profil ini berdasarkan interaksi dengan mbak Maritanigtyas selama kelas blogspedia. 

Awal Mengenal Maritaningtyas 


Tepat kapannya aku tak ingat banget, tapi saat nama itu ada pada deretan “ Orang yang mungkin anda kenal” di aplikasi Facebook jari ini langsung ngeklik kolom add friend dan diterima tak lama kemudian. Saat itu postingannya seputar sakitnya ibunda hingga akhirnya ibunda tercinta wafat. Entah mengapa meski tak kenal langsung aku turut merasakan kesedihan yang dalam. Setelahnya kita malah berada di kelas yang sama pada Institut Ibu Profesional, kelas bunda sayang batch 3 meski beda regional. Mbak Marita di Semarang sementara aku di Kaltim dan nyambung ke Kaltara. 

Dari IP lah akhirnya tahu lebih banyak karena mbak Marita masuk dalam jajaran pengurus pusat dan menjabat sebagai Manmedkom Pusat (Manager Media Komunikasi Pusat). Salah satu kiprahnya mengawangi Website Ibu Profesional juga literasi Ibu Profesional. Jelas, nama itu kian berkibar di hatiku, (*eaaa. Lalu apa hubungannya dengan blog? Sebentar . 

Karena aku sering ngulik website IP, lama-lama sampai juga ke sebuah blog yang berjudul Marita’s palace. Dari tampilannya aku suka banget, rapi dan contentnya berbobot. Terutama seputar pengasuhan. Lalu aku komentar dong, pengen belajar blog, dan mbak Marita ngasih link sebuah blog. Tapi baca link yang dikirim dan tutorial saja nggak membuatku ngerti, aduh tambah bingung kan. Hingga saat kelas blospedia dibuka, daftar! Apapun yang terjadi harus ada dikelas ini. 

Mengenal Lebih Dekat Maritaningtyas dan Dunia Blogging 


Apa yang terlintas ketika membaca nama Maritaningtyas, aha kalau aku malah langsung terlintas nama Marita’s palace dan Blogspedia. Dua nama ini langsung ngeblend banget dengan nama Maritaningtyas. Saat melihat fotonya, yang terbayang langsung blog, padahal bagi mbak yang satu ini blogging bukan satu-satunya aktivitas hariannya, masih seabrek kegiatan lainnya disamping tugas utamanya sebagai istri dan ibu. 

Tentang pribadinya 


Terlahir di kota Semarang pada 16 Maret 1985 (* Hai mbak, kita sesama yang lahir di bulan maret. Marita Surya Ningtyas adalah nama yang dinisbatkan untuknya. Panggilan populernya Ririt, tapi aku malah baru tahu saat di co-housing IP saat membahas kepenulisan. Istri dari Pak Martin Setiawan yang programer ini sekarang tinggal di daerah Klipang Semarang dengan seorang anak gadis yang cantik dan seorang anak ganteng. 

Warna biru dan hitam jadi favoritnya, lebih seringnya sih biru. Terlihat dari warna blog, baju dan jilbab yang sering dikenakan. Kok tahu? Coba aja lihat fotonya, banyakan pakai baju dan jilbab warna biru. Pantas saja jika impiannya mempunyai butik gamis syarii dengan brand sendiri, mbak Marita pinter memadupadankan baju dan jilbab. Mempunyai hobby membaca buku, mengoleksi buku, jualan buku, nonton drakor, dan dengerin musik. Hobbynya bisa jadi sumber inspirasi dan ide menulis, aktivitas yang pas bagi seorang blogger. 

Narasumber  Ipedia berdikari

Tentang aktivitasnya 


Menjadi aktivis sejak menempuh pendidikan, mbak Marita sudah malang melitang dalam dunia sastra dan literasi. Selain aktif di panggung teater , juga banyak mengambil peran dalam dunia kepenulisan dengan menjuarai lomba karya ilmiah tingkat mahasiswa. Pantas jika gelar mahasiswa berprestasi pernah diraihnya. Bersinar sejak muda belia. 

Setelah menikah dan jadi ibu, aktivitasnya tak pernah surut. Sebagai content writer sudah dilakoninya sejak tahun 2012 dan memberi banyak pengalaman berharga. Goresan tangannya dalam kepenulisan terabadikan dalam puluhan antologi yang sudah diterbitkan, saking banyaknya nggak cukup ditulis satu-satu disini, simak saja ya pencapaiannya mbak Marita disini. Kini ia lebih fokus menjadi content writer dan blogger profesional serta coaching blogger di kelas blogspedia. 

Aktivitas sosial dan berjejaringnya lumayan banyak, tergabung dalam beberapa komunitas blogger terkemuka seperti KEB, Blogger perempuan, dan Ganjel Rel Semarang. Sebagai pengurus pusat komunitas Ibu Profesional, anggota HSMN (Homeschooling Muslim Nusantara), juga komunitas Hebat ( Home Education Based on Akhlak and Talents). Alumni sastra Inggris Universitas Nuswantoro Semarang ini juga aktif menjadi narasumber di berbagai kegiatan parenting dan blogging. Keren kan, masih muda tapi produkif banget! Menjura padamu aku mbak. 

Maritanigtyas dan management waktunya 


Sebenarnya mau tanya, punya aktivitas padat gitu gimana bagi waktunya? Dan kalau dijawab dengan kata-kata pasti terdengar klise banget, semua orang juga bisa. Tapi tanpa bertanya pun aku jadi tahu gimana bisa produktif dalam banyak aktivitas gitu, aih bukan sok tahu tapi melihat plan yang sudah disusun mbak Marita per tahun, per bulan dan harian yang detail dan rinci gitu, bisa dilihat bahwa merencanakan sejak awal semua aktivitas itulah kuncinya selain management waktu tentunya. 

Kesan mendalam 


Mengenal mbak Marita memberi banyak kesan yang mendalam, sosok yang ceria dan produktif ini pernah berjuang bangkit dari luka masa lalu dengan sangat apik. Menjadikan kenangan masa lalu sebagai serpihan yang berharga untuk selalu memperbaiki diri hingga menjadi lebih baik lagi baik sebagai pribadi maupun orang tua yang baik. Memberi manfaat pada sesama sebanyak mungkin menjadi aktivitas kesehariannya. 

Di kelas coaching blogger, ia adalah pembimbing yang sabar dan telaten. Aku tuh sering malu, karena proses belajarku yang lambat banget apalagi hal teknis seperti pasang TDL, edit html dan yang terkait. Lola bet deh. Makanya sering tanya-tanya gitu, dan sebagai pembimbing mbak Marita telaten ngejelasin sampai bisa. Mantab sabarnya itu lho. Jadi kalau ketendang dari kelas, bukan salah coachnya tapi kitanya yang nggak bisa konsekuen dengan kontrak belajar dan disiplin waktu. 

Blog favoritku Marita's palace

Pesan yang tersurat dari bimbingan mbak Marita 


Menjadi blogger itu bukan sekedar trend atau ikut-ikutan tapi harus berawal dari niat yang kuat. Menjadi blogger profesional itu seperti investasi jangka panjang, jangan buru-buru ingin memetik hasilnya. Hasil itu bonus setelah apa yang kita lakukan. Ada modal yang harus kita keluarkan agar kelak bisa mendapatkan bonus itu. Apa saja modalnya: 

  1. Waktu untuk menulis, jika ingin tetap eksis ngeblog, investasikan waktu untuk menulis. Sediakan waktu khusus dalam sehari untuk menulis, karena content tetaplah yang utama bagi seorang blogger. Tanpa menulis kita nggak punya content
  2. Investasi dana, namanya juga mau profesional pastinya butuh mengeluarkan finasial sebagai modal dasar. Kita butuh beli domain, juga template. Meski bisa-bisa aja sih pakai yang gratisan asal bisa mengelola dengan baik. Tapi masak iya sih, gratisan bisa profesional. Ada, tapi jarang banget deh. 
  3. Bangun personal branding, salah satu modal yang harus kita investasikan untuk jadi blogger profesional adalah dengan membangun personal branding, aktif di medsos dan rajin update medsos sebagai sarana personal branding kita. 
  4. Rajin blogwalking dan backlink, agar wawasan selalu update harus punya waktu khusus untuk blogwalking juga mencari peluang untuk melakukan backlink. 
  5. Update blog, jangan biarkan blog seperti kuburan, dikunjungi di waktu-waktu tertentu saja. Sebulan update beberapa bulan kosong hingga google tak mengenalinya lagi. 
  6. Berkomunitas, ini sangat penting bagi seorang blogger agar mudah mendapatkan berbagai informasi seputar kegiatan blogging, kelas upgrading, atau even blogging dan lomba-lomba. 

Akhir Kata 


Tak ada habisnya menuliskan segala sesuatu tentang coach Marita, masih banyak yang bisa kita gali dari beliau ini terutama seputar dunia blogging. Nah kalau ada waktu dan jadwal blogwalking jalan-jalan aja ke blog beliau, setidaknya ada empat blog yang dikelola mbak kita ini. Selain Marita’s Palace, www.blogspedia.my.id juga www.rumahkita.my.id dan Dunia Hanifa. 

Yang layak diteladani dari mbak Marita adalah kemurahannya berbagi ilmu, karena ilmu semakin dibagi semakin berkah dan mendatangkan rizki yang berlimpah. Meski rezki itu tak selalu dalam bentuk rupiah, dollar juga boleh kok apalagi emas batang. 

 

 

 

Tami Asyifa
Seorang ibu dengan 7 anak, saat ini sedang menikmati menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya tapi tetap produktif. Pendidikan dan literasi adalah bidang yang menarik bagiku.

Related Posts

3 komentar

  1. awal mau ikutan kelas blogspedia aku udah pesimis duluan, apa bakal diterima?
    alhamdulillah ketemu coach dan teman-teman yang luar biasa

    BalasHapus
  2. "Menjadi blogger adalah investasi jangka panjang". Betul sekali. Jika orang yang memulai blogging paham ini, mereka akan jadi blogger yang sabar dan pantang menyerah. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  3. Salah satu my future nih, coach Marita, semoga semakin banyak yang bertemu dengan coachkita agar mereka terasa tertolong, seperti aku ini.

    BalasHapus

Posting Komentar