A directory

Tips Meningkatkan Pageview Blog Bareng Growthing.id

11 komentar
Tips meningkatkan pageview blog


Hai…pembelajar, kali ini aku akan membagikan tips meningkatkan pageview blog. Materi ini aku peroleh semalam saat mengikuti webinar yang diadakan oleh Growthing.id jadi masih anget nih.Ini Growthing.id adalah sebuah agensi digital yang berkedudukan di Jakarta yang bergerak dalam bidang promosi dan branding online. Ampun…aku baru dengar dan baru tahu. Iyalah kan masih cupu dan baru belajar jadi blogger.

Nah dalam rangka memperingati hari blogger, Growthing.id ini mengadakan acara Webinar Maraton Coaching Growthing.Id yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Dan pada hari pertama dibongkar habis-habisan rahasia pageview blog oleh para mastah yaitu Kak Rini Novita Sari pemilik blog celotehdinihari di sesi pertama dan Kak Bahrul Ilmi atau kak Baim pada sesi kedua.

Gimana, keren kan? Hua keren bangetlah pokoknya. Dan sebagai newbie serasa orang yang masuk hutan ilmu lalu menemukan pepohonan ilmu dan terpukau habis lalu berkeinginan meraih daun-daun ilmu itu, namun sayangnya tangannya masih belum mampu menjangkau bahkan pada dahan terendah sekalipun.

Tak apalah, melihat dan berkenalan dulu. Siapa tahu akan tiba saatnya si newbie ini bisa merasakan daun-daun ilmu itu kelak. Jadi meski terbata-bata mengeja, sungguh ini suatu kesyukuran bisa berada diantara para blogger profesional. Dan beruntung pula saat berada di kelas coaching blogspedia, sang coach woro-woro agar mendaftar dan mengikuti acara ini. Kesempatan tak datang dua kali, langsung dong mendaftar dan diterima. Alhamdulillah bisa duduk di bangku belakang pun tak masalah, tetap happy di kelas yang materinya daging semua sampai nggak terasa kelas usai.

Meningkatkan pv ala Kak Rini


Materi 1. Tips Meningkatkan Traffic atau Pageview Ala Kak Rini Novita

Pada sesi pertama ini, Kak Rini akan menyampaikan beberapa tips agar para blogger bisa meningkatkan pageview pada blognya. Nah sebelum masuk padan tips-tipsnya, Kak Rini terlebih dahulu membagi materi ini menjadi empat bagian, antara lain :
Memahami pengertian pageview
Manfaat pageview
Sumber-sumber yang dapat meningkatkan pageview
Dan tentu saja tips seputar meningkatkan pageview

Pengertian Pageview

Pageview adalah jumlah halaman pada blog kita yang dilihat oleh pengunjung. Jadi begini, pengunjung ketika mengklik url blog kita untuk mencari suatu artikel dan setelah selesai membaca artikel yang dibutuhkannya akan mengklik lagi link internal yang tersemat pada blog kita itu. Nah banyaknya halaman yang di klik oleh pengunjung dalam satu kali kunjungannya itulah yang dinamakan pageview. Misalnya Tami sedang membuka blogspedia. my.id dan menemukan satu halaman, maka akan tercatat 1 pageview lalu membuka halaman lain sampai 5 halaman lain sehingga tercatat 5 pageview. Tapi jika seorang mengunjungi meski berkali-kali mengunjungi halaman yang sama pada blog kita maka pageview tetap terhitung satu. 

Istilah - istilah Dalam Google Analytics :

Sebelum lebih lanjut membahas trik bagaimana kita meningkatkan PV blog, terlebih dahulu kita harus mengenal istilah-istilah yang terkait dengan blog dan PV agar kita lebih mudah memahami materi selanjutnya. 
User / Visitor : seseorang yang berkunjung ke blog kita
Unique Visitor : seseorang yang berkunjung ke blog kita melalui IP address, browser dan cookies yang tersimpan pada browser. 
Pageview : tatangan jumlah halaman yang muncul setelah pengunjung mengklik satu tautan tertentu.
Bounce Rate : visitor yang membuka satu artikel pada blog kita tanpa melakukan tindakan mengklik halaman yang lain pada blog kita.

Manfaat Menaikkan Pageview Blog 

Bagaimana pembelajar? Sudah paham tentang pageview. Lanjut ya. Lalu apa sih manfaat atau pentingnya pageview ini pada blog kita. Ini nih, kalau kita yang blogger pemula nggak mikirin yang sejauh ini. Yang penting nulis, posting, sudah. Itu sih aku. Beneran deh, nggak ngerti dan nggak kepikiran sampai yang sejauh ini.

Tapi, andai artikel kita masuk pada mesin pencarian google lalu berada di halaman pertama yang setiap orang membuka browser ini pasti melihatnya, bagaimana rasanya? Pasti seneng banget dong. Nah seperti itulah jika pageview kita tinggi. Artikel kita akan ada pada halaman pertama mesin pencari, yang artinya agensi atau klien yang ingin mengajak kerja sama pasti akan menjadikan ini sebagai pertimbangan.

Pentingnya menaikan pageview blog

Bagi yang memasang google AdSense, pageview tinggi merupakan harapan besar para pejuang google AdSense mendapatkan penerimaan atau gajian.
Meningkatkan conversition rate. Apa pula itu? Conversition rate adalah prosentase pengunjung website atau blog melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis.
Pageview tinggi itu menandakan blog dan konten kita berkualitas. Nah ini modal dasar agar dilirik oleh klien.

Meningkatkan rate card (harga kita). Jadi jika ada yang mengajak kerjasama, kita punya posisi tawar yang menjanjikan. Tidak sekedar asal dibayar. 
Memperbesar peluang mendapatkan kerjasama. Pastinya, karena pageview salah satu syarat blog itu layak diajak kerjasama. Tuh kan, penting banget menaikan pageview ini, meski bagiku sih ini masih jauh banget. Masih cupu dan harus banyak belajar lagi. Tapi nggak apa kan, setidaknya sudah tahu bahwa pageview itu penting ternyata. 

Sumber- Sumber Yang Dapat Meningkatkan PageviewOrganizer 

Sebenarnya siapa sih target kita agar PV blog kita meningkat? Nah itulah sumbernya, yaitu pengunjung yang mengunjungi blog kita untuk mencari artikel tertentu dengan memasukan kata kunci. Misal ingin artikel tips meningkatkan pageview, pengunjung akan langsung mengetikkan kata - kata tersebut pada mesin pencari. Jenis-jenis pengunjung ini ada tiga, antara lain :
  1. Direct : yaitu pengunjung yang ingin mengetahui halaman blog dengan lansung memasukan alamat blog pada mesin pencari. Ini tanda bahwa blog itu sudah terkenal. Misalnya saking hafalnya kita dengan blogspedia.my.id kita langsung memasukan url blog tersebut pada mesin pencari ketika menginginkan artikel di alamat blog tersebut. 
  2. Sosial : yaitu pengunjung yang mendapat link blog dari sosial media seperti Facebook, instagram, twitter dan lainnya. 
  3. Referal : pengunjung yang mendapat link ketika blogger memasang backlink pada blog orang lain. Misal si A sedang membuka blogspedia.my.id dan Thamilestones memasang backlink pada blogspedia lalu si A meng klik backlink tersebut.

Cara Menaikkan Pageview

Setelah uraian panjang tentang pageview pastinya pengen dong, gimana caranya agar pageview kita tinggi. Nah berikut tips meningkatkan pageview dari Kak Rini. 

Research Keyword

Pengen postingan atau artikel yang kita tulis berada pada halaman pertama google search? Pastinya, siapa sih yang nggak pengen. Eet tunggu dulu, sudah tahu caranya belum? Keyword adalah kata kunci dari ide pada tulisan yang kita buat. Dengan kata kunci ini seseorang akan menemukan apa yang dicarinya. Misalnya kita ingin mencari "Cara Membuat Kopi Ala Cafe Dirumah", maka kata kunci yang akan ketikan di mesin pencari adalah "Cara Membuat Kopi" . Dengan kata kunci inilah konten pada blog, youtube dan lainnya akan ditemukan oleh mesin pencari. 

Lalu research keyword itu seperti apa sih? Sepemahaman newbie kayak aku ini, yaitu riset agar mudah membuat kata kunci untuk membuat konten blog berada pada halaman pertama mesin pencari. Berhubung aku masih newbie banget makanya aku buka artikel gebetanku dong, tentang keywords research.

Apa yang harus kita lakukan untuk research keyword? Research keyword ini gampang-gampang susah ya, bisa jadi keberuntungan juga. Bagi yang sudah biasa, bisa bermodal intuisi atau feeling saja, dan ini yang banyak digunakan. Tapi ada juga jalan lain,yaitu mengunakan keyword tool.
Cara research keyword  
1. Menggunakan feeling
2. Menggunakan Keyword Tool:
Google keyword planner
Keyword tool.io
Keyword finder.id
Neil patel 

Membuat Contens yang bagus

SEO friendly tips menaikan pageview selanjutnya adalah dengan membuat tampilan blog dan konten yang kita tulis SEO friendly dengan :
  1. Memilih bahasa yang paling nyaman bagi kita
  2. Memilih keyword yang sesuai aturan SEO
  3. Pada judul terdapat keyword
  4. Memperhatikan url, tidak terlalu panjang, maksimal 75 karakter dan eye chating serta enak dibaca
  5. Jumlah kata tiap postingan minimal 500 kata atau 800 kata. 
  6. Penempatan keyword baik itu pada judul, 100 karakter paragraf pertama, disebar pada badan artikel dan pada penutup artikel. 
  7. Ada heading dan sub heading
  8. Terdapat internal link dan eksternal link yang valid
  9. Optimalisasi gambar dengan rename, alt text, title text juga ukuran gambar maksimal 100 kb agar loadingnya tidak berat
  10. Meta di skripsi tiap artikel, maksimal 150 karakter. 
  11. Link BuildingSebuah teknik tertentu agar website lain atau blog lain memberikan link menuju website atau blog kita. Ini bisa dilakukan dengan kerjasama antar blogger. 

Membuat Artikel Trending atau Viral

Membuat artikel yang viral. Kelemahan mungkin pageview tinggi tapi hanya pada saat tertentu saja. Bisa disiasati dengan membuat artikel setiap hari sehingga PV tidak hanya tinggi pada saat viral lalu terjun bebas saat tak ada artikel tayang.

Blogwalking

Blogwalking bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan blogger lain untuk saling blogwalking pada blog masing-masing. Disini pentingnya kita berada dalam komunitas Blogger agar dapat saling blogwalking.

Optimalisasi Page Speed

Upaya agar halaman blog kita mudah diakses, tidak lelet dan lambat loadingnya. Karena pengunjung akan malas membuka blog kita yang loadingnya lambat.
Upaya ini bisa dilakukan dengan memasang gambar yang tidak terlalu berat, tak usah menambahkan musik atau stiker yang tak perlu. Mengunakan template yang simpel tapi SEO frienly dan banyak lagi.

Desain Blog Yang Menarik

Jelas ya, blog yang menarik tentu akan membuat pengunjung nyaman merambah halaman blog kita. Simple, bersih dan rapi tentu sangat menyenangkan dibanding blog yang banyak pernak pernik. Meski kembali lagi ke selera. Desain yang menarik antara lain :

Dengan Navigasi Yang Jelas

Navigasi yang mudah dan nyaman juga sangat membantu pengunjung. Penempatan gadget yang tepat sehingga tidak mengganggu pengunjung. 

Kulik Google Search Console

Google console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan web atau blog kita pada situs di hasil pencarian google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Google console ini sangat penting bagi pengelola web atau blog, maka sangat layak buat blogger menguasai google console. Tapi bagi pemula kayak aku ini, jujur masih belum ngeh tentang google consule apalagi menguliknya. Nantilah.

Kulik Google Google Analytics

Google Anatytics, adalah aplikasi yang memberikan laporan lengkap mengenai website. Pada materi kedua nanti, kak Baim akan membahas ini lebih dalam. Yuk kita kepoin.

Mengulik google analitik kak Baim

Materi 2. Ngulik Traffic Dari Google Analytics Ala Kak Bahrul Ilmi

Pada sesi kedua, Kak Baim panggilan akrabnya Kak Bahrul Ilmi mengajak kita untuk mengulik google analitik. Meski jujur banget pada materi kedua ini nggak paham banget, tapi tetap menarik sih. 

Seputar Google Analytics dan Manfaatnya

Sebenarnya ini materi advance jika blog kita sudah bagus dan usianya sudah matang, pantas saja kami yang newbie ini masih bingung. Tak apalah yuk kita belajar sama-sama.

Apa itu google analytics?

Sebuah tool gratis dari google untuk memantau perjalanan traffic di blog kita. Dari aplikasi ini kita bisa mengetahui berapa pageview pada blog kita, parameter apa saja yang dapat digunakan untuk mengoptimasi blog kita dan banyak lagi. Aku sih belum tahu secara mendalam. 

Mengapa harus google analytics untuk memaksimalkan blog kita?

  1. Dapat mengetahui traffic blog
  2. Dapat mengetahui sumber traffic blog kita
  3. Bisa digunakan untuk mengevaluasi konten apakah sudah bagus atau ada yang masih harus diperbaiki.
  4. Dapat digunakan untuk memahami audiens kita. Apakah artikel kita cocok buat audien. 
  5. Sebagai laporan kerjasama

Menu Wajib Google Analytics Untuk Blogger

Real time : untuk melihat user/visitor yang online secara langsung pada blog kita. 
Audience : Mengenal visitor yang datang ke blog kita. Berisi informasi umur, jenis kelamin, lokasi dan ketertarikan. 
Acquisition : Untuk melihat rangkuman data traffic pada blog. Berapa penggunanya, dari mana sumber trafficnya. 
Behavior : Digunakan untuk melihat bounce. 

Fitur Bonus Agar Makin Joss

Insight : Data pada user blog. User berkunjung pada jam berapa, dan lain-lain. 
Traffic Source : Untuk melihat potensi mendatangkan traffic dan menaikkan pageview 
Capture Pageview : Control page screen.

Nah, materi kedua ini disampaikan dengan apik oleh Kak Baim, sayangnya kami tidak terlalu mengerti dan tak berani bertanya. Jadi sekarang fokus belajar di blogspedia aja dulu agar lebih pintaran dikit dan nanti bisa belajar lebih banyak lagi dengan para mastah ini. 

Penutup 

Cukup jelas paparan tips meningkatkan pageview yang disampaikan oleh para mastah blogger. Jadi kita tuh ngeblog nggak sekedar ngeblog, tapi ada ilmunya. Nah agar pageview kita tinggi maka kita bisa melakukan research keyword, juga ngulik goggle analitik sebagai sarana evaluasi konten blog kita. Keren kan, gawean Growthing ini, jadi membuka wawasan kita banget. Tetap semangat para pembelajar! 





Tami Asyifa
Seorang ibu dengan 7 anak, saat ini sedang menikmati menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya tapi tetap produktif. Pendidikan dan literasi adalah bidang yang menarik bagiku.

Related Posts

11 komentar

  1. Mantap nih resumnya mbaaaak... Lengkaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kakak, aku juga suka Jurnal Bunda Imut, jadi blog pilihanku lho ditugaskan ke 4

      Hapus
  2. Gercep bikin resumenya mba, apa daya aku yang baca aja masih loading nerima ilmu baru hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, kita belajar sama-sama.
      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  3. kueren kak, lengkap sekali materinya. semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Blog Pak Yonal juga keren bingit. Saya suka.

      Hapus
  4. Walau bikin pusing tapi materi ini penting banget apalagi buat kita yang newbie. Makasih mbak, resumenya lengkap banget nget nget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sama-sama. Selamat belajar ya, kita kunyah sedikit-sedikit.

      Hapus
  5. Bu, saya mau belajar dan menumbuhkan habit menulis,kasih rekomendasi guru nya dong

    BalasHapus

Posting Komentar