A directory

Selamat Hari Blogger Nasional, Saatnya Warnai Indonesia

2 komentar

Selamat hari blogger nasional


Hai… Blogger Indonesia, Selamat Hari Blogger Nasional, selamat mewarnai Indonesia melalui tulisan dan gambar yang telah kalian unggah. Bahagia rasanya, kali ini aku bisa ikut merayakan hari blogger. Hari ini untuk yang pertama kalinya aku merayakan hari blogger meski ngeblog sudah dari tiga tahun lalu tapi sekarang ini tahu kalau ternyata ada hari blogger. Iya kali' karena sebelumnya hanya nulis-nulis di blog gitu aja, belum benar-benar memahami ngeblog itu gimana dan jadi blogger itu seperti apa. 

Sadar nggak sih, saat kita mengetikkan sebuah kata kunci pada mesin pencarian lalu tampilan beragam judul informasi yang kita butuhkan. Salah satu yang berperan dalam munculnya informasi itu adalah blogger. Wow keren kan, tepuk tangan buat para blogger dan salam hormat. Dulu aku juga nggak nyadar dengan ini, tapi semakin kesini semakin menyadari akan hal ini. Apalagi kini berusaha untuk nyemplung dalam dunia ini, meski masih polosan atawa cupu. 

Nah mumpung hari blogger nih, kesempatan bagus untuk mengulik seputaran blogger dan perannya yang selama ini turun meramaikan khasanah pengetahuan dan informasi. 

Sejarah Blogger

Seperti yang ditulis oleh Niagahoster, sejarah blogger bermula ketika pada 17 Desember 1997, Jorn Barger mengunakan weblog untuk menulis. Weblog adalah website pribadi yang secara kontinue digunakan untuk mengunggah tulisan-tulisan si empunya blog. 

Sedangkan pada Wikipedia tercatat pada 23 Agustus 1999, blogger diluncurkan oleh Pyra Labs sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama kali di dunia. Blogger berperan mempopulerkan format blog di dunia. Waktu berjalan hingga pada Mei 2007, blogger telah sepenuhnya memindahkan pada perangkat server yang diproduksi oleh goggle. 

Qwords.com membagi sejarah blogger di Indonesia menjadi tiga tahapan. 

Pertama, generasi awal (1998-2001)

Pada generasi awal blogger di Indonesia nama Enda Nasution tercatat sebagai pelopornya. Pada masa ini tool yang digunakan antara lain livejurnal.com, blogger.com dengan mesin pencari berupa msn.or.id yang saat ini sudah tak ada. Aku sempat lho mengunakan mesin pencari ini meski saat itu belum kenal blog, woa jadi ketahuan umur deh. 

Kedua, generasi kedua (2001-2002)

Pada masa ini sudah mulai bermunculan komunitas blogger di Indonesia. Blogger.com pun sudah mulai lazim digunakan, Pmachine juga MT. 

Ketiga, generasi sekarang (2004 - skrg)

Tool yang digunakan sudah ada wordpress juga blogger.com dan ada lagi tool yang baru seperti Tumblr, Wix, Joomla dan lainnya. 
Mesin pencari tentunya Google dong. 

Sejarah Hari Blogger DI Indonesia

Jadi pada generasi ketiga, blog mulai banyak digunakan sebagai sarana menuangkan tulisan. Perkembangan blogger di Indonesia juga meningkat dengan pesat. Komunitas - komunitas blogger, sudah aktif dan proaktif meramaikan kancah pernah websitean. Perkembangan ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah melalui Kementrian Informasi dan Teknologi. 

Pejabat Kemeninfo, dalam hal ini Bapak Menteri Informasi dan Teknologi saat itu yang dijabat oleh Bapak Muhammad Nuh, lalu menetapkan tanggal 27 Oktober menjadi Hari Blogger Nasional. Penetapan ini bersamaan dengan pembukaan pesta blogger yang diadakan pada tanggal 27 Oktober 2007.

Kegiatan Merayakan Hari Blogger

Kali ini perayaan peringatan hari blogger berlangsung pada masa pandemi, jadi tidak bisa mengadakan kegiatan secara offline. Bukan masalah kan, justru ini tantangan agar hari perayaan menjadi lebih bermakna. Banyak kegiatan yang digelar oleh para blogger dan komunitas blogger Indonesia. Kita pantengin yuuk! 
Webinar blogger with growthink

Webinar Marathon Coaching Bareng Growthing.Id

Growthing.id merupakan sebuah agensi digital yang berada di Jakarta, berpengalaman dalam promosi dan branding online. Dalam rangka hari blogger, Growthing.id mengadakan webinar maraton selama tiga hari dimulai dari tgl 25,26 dan 27 bulan ini melalui link Zoom. Namanya saja marathon, artinya tiap hari ada kelas dengan materi yang berbeda-beda. 

Pada hari pertama, Ada dua mastah blogger yaitu Kak Rini Novita Sari dan Kak Bahrul Ilmi yang membawakan tips menaikkan pageview yang aku rangkum disini. 

Mengoptimalkan Google Console dan Google Analitik". Materi yang dibutuhkan oleh para blogger agar aktivitas ngeblognya tak sekedar ngeblog tapi juga bisa optimalkan untuk mendapatkan kerjasama dari klien. 

Pada hari kedua, Kak Ilham Sadli dan Kak Gilang Maulani mengulik tentang "Bagaimana Melakukan Branding Di Media Sosial Dan Memancing Interaksi" , kali ini dibahas tentang manfaat medsos sebagai sarana branding kita. Medsos mana yang bagus untuk branding, ya yang sesuai dengan sasaran atau audiens blog kita, serta kita mau dikenal sebagai apa. 

Sedangkan di sesi kedua, Kak Gilang Maulani lebih banyak mengupas tentang "Tips Mengabadikan Objek Dengan Kamera Smartphone". Manfaatnya agar kita bisa menyematkan gambar yang kita buat sendiri pada blog kita. Jadi gambar yang ada di blog kita lebih orisinal. 

Mengunggah foto hasil kita sendiri kenapa tidak, terlebih saat ini smartphone kita sudah dilengkapi kamera minimal 12 MP. Tinggal teknik pengambilan gambar yang harus kita kuasai dan latih terus. 

Lalu di hari ketiga, tak ada materi spesifik yang dibahas hanya dialog seputaran problematika dalam dunia blogger. Berhubung pertanyaan yang dibahas sudah masuk ranah para blogger canggih, aku yang newbie ini hanya bisa menyimak sambil terbata-bata. Bahasa yang digunakan seperti bahasa alien, tak ku mengerti meski otak dipaksakan untuk paham. 

Menulis Serentak Dengan Tema Hari Blogger

Selain webinar yang harus kami ikuti, coaching kelas blogger pemula di blogspedia, juga mewajibkan peserta menulis tentang hari blogger. Salah satunya tulisan ini. Tapi dengan adanya tugas ini, aku jadi tahu bahwa ternyata ada hari blogger. Jadi kurasa tugas ini manfaat banget. 

Bahkan, Coach Marita pun, yang menugaskan menulis tentang hari blog juga tak mau kalah lho. Beliau membagikan tulisan tentang hari blogger sebagai referensi bagi kami. 

Oke Blogger Indonesia, sekali lagi selamat hari blogger nasional. Dengan menulis dan ngeblog kita warnai Indonesia. 

Tetap semangat! 


Tami Asyifa
Seorang ibu dengan 7 anak, saat ini sedang menikmati menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya tapi tetap produktif. Pendidikan dan literasi adalah bidang yang menarik bagiku.

Related Posts

2 komentar

  1. Bagus, Kaka tukisannya 'daging' semua, pembaca bisa ambil manfaatnya.
    Aku ingin bisa nih nulis kyak gini, eh malah masih curhat aja tulisankušŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, sambil belajar. Nanti lama-lama jadi terbiasa. Tetap semangat!

      Hapus

Posting Komentar