A directory

Beberapa Istilah Blogging Yang Bikin Pening

Posting Komentar

 

Beberapa Istilah blogging pening

Hai pembelajar, malam ini aku serasa mengawang dengan beberapa istilah blogging baru bagiku. Jadi pada malam terakhir coaching blogger yang diadakan oleh Growthink.id diagendakan tanpa materi khusus, maka judulnya pun menjadi “Diskusi Santai Seputar Permasalahan Blogging” yang acaranya langsung dipandu oleh coach Irwin Andriyanto itu langsung membahas seputaran permasalahan para blogger. Disinilah ada beberapa istilah blogging baru yang aku nggak ngerti sama sekali. 

Asli, berada diantara coach hebat dan blogger keren itu berasa anak bawang atau lebih tepatnya embrio menurut teman satu kelas di blogspedia. Embrio yang tersesat di belantara hutan blogger. Dan embrio itu hanya bisa diam, mencoba mencari arah dan jalan keluar namun tetap saja gagal. 

Begitu Mas Irwin membuka diskusi dan mengajak peserta menyampaikan permasalahan seputar blogging yang belum terpecahkan, maka kami para embrio hanya bisa diam dan terpaku. Mau tanya apakah gerangan, sementara permasalahan receh seperti membuat permalink, mengisi tittle text dan alternatif text saja baru kami kuasai dengan terbata. 

Jadi ketika disajikan screen tentang Moz yang penuh dengan garis-garis, tabel dan angka, kami hanya mampu memandang takjub saja, ternyata menjadi blogger itu tak semudah angan dan impian. Daripada gagal fokus, mending lihat mas Irwin saja... eits jaga mata Buw...! Nggak gitu sih, aku tuh kagum aja, masih muda tapi sudah sekeren itu. Terlebih saat baca artikel coach Marita tentang coach Irwin Andriyanto. 

Biar nggak terus-terusan pusing dengan istilah blogging, baru istilah saja sudah pusing apalagi menjalaninya. Wow jangan ya...maka sambil dengerin zoominari kami curhatan di wagrup. Dan ternyata aku tak sendiri. Maka setelah semua berlalu, belajar dong masak mau jadi orang yang terseset melulu. 
Setidaknya setelah tahu Tips menaikkan pageview blog, sedikit-sedikit mulai meningkat juga pemahaman tentang istilah-istilah blogging. 
Beberapa istilah blogging asing


Beberapa Istilah Blogging 

Sebanarnya istilah-istilah blogging ini sudah ada dalam materi di kelas blogspedia coaching, pada materi mengenal dasboard baru namun masih sebatas istilah dasar yang berkaitan dengan membuat postingan, mengelola dashboard dan dasar-dasar blogging bagi newbie. Jadi begitu mendengar istilah yang agak canggih seperti dalam diskusi malam kemarin bareng growthink itu, kami yang newbie ini hanya biasa menyimak dengan ekspresi bingung. Cek it out hasi penerawanganku pada diskusi kemarin ya. Yuuk..!

Apakah SEO Itu?

Aku pertama kali dengan istilah SEO pada nama seorang teman di komunitas literasi. Bahkan sampai saat ini pun masih belum sempat bertanya mengapa namanya disematkan kata SEO. Yang jelas dia memang pengiat IT. Lalu ketika memulai kelas blogger di blogspedia, SEO friendly. Sudah tahu belum singkatan dari apakah SEO itu? Dan sungguh dari coaching inilah aku mulai mengulik lebih dalam lagi dan membuka beberapa referensi diantaranya dari www.garuda.website 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Maksudnya upaya mengoptimasi website atau blog kita dari segala aspek baik itu konten, sistem dan lainnya agar peringkatnya pada mesin pencari bagus. Misalnya seseorang ingin mendapatkan informasi tentang “Cara membuat pizza tanpa oven” maka dia akan mengetikan kalimat mengenai informasi yang dimaksud dan mesin telusur seperti google akan memberikan informasi yang terkait yang tersimpan pada mesin telusur. Ketika web atau blog kita bagus dan memuat artikel yang memenuhi segala aspek SEO maka kemunkinan ada di halaman pertama lebih tinggi, sementara jika web kita tak bagus dan kontennya pun asal-asalan maka tak terlacak atau berada di halaman paling akhir dari mesin telusur. Akibatnya tak akan ada yang singgah pada web atau blog kita apalagi membaca artikel kita. 

Apakah PA Dan DA itu?

PA merupakan singkatan dari Page Authority. PA merupakan gambaran peringkat atau rangking website atau blog kita sehingga terlacak oleh mesin pencari. Nilai PA ditandai dengan angka mulai dari 0 – 100. Angka ) merupakan angka terendah dan angka 100 merupakan angka tertinggi. Semakin tinggi nilai atau angka PA menunjukan kemungkinan semakin tingginya kemunculan web atau blog kita pada mesin pencari. 

Contoh web dengan PA tinggi adalah Wikipedia.com dengan angka 95. Pantas saja, ketika kita mencari apapun yang muncul di halaman pertama bahwan yang paling atas adalah situs ini. 

Bagaimana cara menaikan PA adalah: 

  1. Konsisten mengupdate konten. Konten yang kita buat harus asli, tidak copy paste atau menjiplak.
  2. Lakukan backlink yang berkualitas dan relevan 
  3. Sematkan gambar dan vidio 

Apakah DA itu?

DA singkatan dari Domain Authority. Gambaran tentang domain yang kita gunakan. Angka atau nilai DA mulai dari 1 – 100. Angka DA ditentukan oleh usia domain, popularitas domain, ukuran domain yaitu banyaknya konten atau artikel pada website atau blog kita. Bukan semata-mata jumlah, tapi informasi yang bermanfaat apa yang bisa kita berikan melalui blog kita. Tuh kan, bener kan, ngeblog itu tak sekedar menulis apalagi isi konten hanya berupa curhatan. Kayak aku....*plak! 

Jadi DA itu erat kaitannya dengan domain. Makanya ketika kita menganti domain, DA akan kembali turun. Misal dari my.id mau ganti ke com, DA yang di my.id tidak bsa dilanjut ke com. Dimulai dari 0 lagi seperti iklan di SPBU itu. Begitu yang aku pahami dari penjelasan coach Marita. 

DA/PA merupakan penanda yang menunjukan kepada kita seperti apakah kualitas website atau blog kita dipandang oleh mesin pencari. Semakin tinggi nilai DA/PA semakin bagus untuk menanam link. Tak heran klien yang mengajak kerjasama akan melihat PA/DA blog yang akan diajak kerjasama. Yah semacam nilai tawar untuk mendapat job lah. Mesin pencari seperti goggle tentu suka pada link yang berDA/PA tinggi. 

Tentang MOZpro dan BPN 

Pada diskusi santai kali ini juga membahasa tentang MOZpro dan BPN, duh apa pula ini. Baiklah kita pelajari pelan-pelan ya, meski pening tak ada salahnya mengenal terlebih dahulu. 

Apakah MozPro itu?

Istilah ini juga yang kemarin membuat pening kepala. Duh apakah itu MoZ? Yang aku pahami adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengaudit blog kita. Menyerah, nggak lah. Meski tak seberapa paham ku coba belajar lagi. Lanjut googling dong, dan hasilnya beberapa situs berbahasa Inggris dan satu situs penyedia layanan Moz Pro. Gambarannya , Moz itu sebuah perangkat lunak yang disediakan untuk : 
1. Mengoptimasi web atau blog 
2. Memantau kenaikan traffic web atau blog 
3. Memberikan jasa backlink 

Dari sumber lain menjelaskan bahwa Moz itu bisa digunakan untuk : 
1. Membantu mendapatkan kata kunci yang relate pada mesin pencari 
2. Menyimpan daftar kata kunci dan mengupdate sesuai kebutuhan. 

Sedangkan pada penjelasan Mas Irwin, aku menangkap bahwa Moz itu bisa digunakan untuk mengaudit atau mengecek blog kita sudah bagus atau belum. Ada petunjuk dimana atau pada bagian apa yang perlu diperbaiki dan dioptimasi lagi. Pada Moz akan terlihat masalah-masalah yang ada pada blog kita. 

PBN,  apakah itu ?

Nah ada lagi nih istilah yang bikin puyeng newbie kayak aku. PBN apa pula itu? Setelah baca-baca referensi, ketemu nih pada id.cloudhost penjelasan tentang PBN. Jadi PBN itu merupakan singkatan dari Private Blog Network. 

PBN adalah salah satu perangkat yang dibangun dengan fungsi khusus, biasanya digunakan sebagai sumber backlink. Backlink sendiri banyak tapi tetap harus hati- hati karena backlink yang tidak qualified akan menjatuhkan blog itu sendiri. 

PBN diakui oleh banyak pihak sebagai strategi off page yang powerful untuk memancing rasa penasaran yang teramat sangat sehingga membuat orang melakukan klik pada sebuah link. PBN merupakan salah satu teknik SEO yang masuk dalam ranah “abu-abu” tetapi membutuhkan biaya yang mahal sekali sehingga jika ingin membuat atau mendapatkan jasa ini harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Jadi mustahil ada layanan PBN yang murah. 

PBN, dibuat dari domain yang expired. Berasal dari bekas sebuah website berkualitas tinggi yang tidak diperpanjang atau lupa diperpanjang. PBN dapat diaplikasikan pada platform apapun baik blogspot atau wordpress gratisan, namun lebih baik lagi jika mengunakan self hosted yang berbayar. Iyalah...jasa BPN mahal lho. 

Begitulah, dari menyimak diskusi dengan mas Irwin dan mengcombine membaca referensi semakin menguatkan wawasan serta menjadi warning bahwa ngeblog itu bukan sekedar menulis lalu upload selesai. Tetapi blogger itu penuh dengan pernak – pernik yang sebelumnya tak pernah terlintas dalam pikiranku. Jadi jika ingin serius ngeblog, dan berharap jadi blogger profesional , teruslah belajar. Apalagi jika blogger dijadika sebagai profesi, woa harus rajin, kosisten dan punya komitmen tinggi mengelola blognya. 

Jadi ingat materi pertama yang disampaikan oleh Kak Rini, jika ingin mendapatkan klien maka lihat dulu blog kita, sudah layak belum. Karena klien itu memupunyai beberapa indikator terhadap blog kita, antara lain: 
  1. Nilai DA/PA , sudah tahu kan rangenya 0-100 semakin tinggi semakin bagus dong
  2. PV dan UV
  3. Komentar dan interaksi blog
  4. Keaktifan blog atau jumlah indexing
  5. Tampilan blog
  6. Konten dan gaya tulisan , kembali juga gaya tulisan itu senyamannya kita. Tulisan gaya pribadi atau sharing gaya pribadi sebagai aku lebih nyaman tentunya
  7. Adanya foto, gambar atau infografis
  8. Enggagement sosial
  9. Kesesuaian konten blog dengan produk milik klien
Wow luar biasa kan perjalanan seorang blogger menghasilkan konten. Syaratnya banyak bener. Untungnya emak kita alias coach kita pada kelas blogspedia menyiramkan air kesejukan saat kita puyeng dengan istilah-istilah allien pada diskusi hari ketiga bareng growthink. Sebagai pemula, cukupkan belajar membuat menulis artikel dan mengungahnya sesuai 13+parameter SEO saja, lalu belajar konsisten membuat artikel dan mengolah blog menjadi lebih cantik lagi. 

Kesimpulan :

Dalam belajar, kita butuh tahapan. Saat puyeng dengan beberapa istilah blogging, jangan putus asa. Jadikan itu pertanda bahwa menjadikan blogger sebagai pilihan bukan tanpa alasan kuat, kalau aku sih salah satunya karena menjaga karakter baik yaitu pembelajar. Maka jadikan alasan itu untuk tetap melangkah apapun masalah dan rintangannya. Belajar, mencoba belajar lagi dan mencoba lagi begitu terus hingga masalah dan rintangan itu berhasil diatasi. 
Barangsiapa yang tidak mau merasakan kelelahan belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya - Imam Syafi'i rahimahullah. 
So far, acara yang diadakah oleh growthink ini cukup bagus. Setidaknya menjadi sarana menebar ilmu dan manfaat, meski newbie kita juga bisa mendapatkan wawasan sehingga ketika kelak sampai pada tahap itu, tidak grogi lagi. Semoga akan ada kesempatan belajar bersama growthink lagi. Tetap semangat, salam pembelajar dan blogger newbie yang duduk di pojokan.

Tami Asyifa
Seorang ibu dengan 7 anak, saat ini sedang menikmati menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya tapi tetap produktif. Pendidikan dan literasi adalah bidang yang menarik bagiku.

Related Posts

Posting Komentar