A directory

Blogspedia Coaching, Kelasnya Blogger Cupu Yang Keren Banget

4 komentar

 

Blogspedia coaching bacth1


Assalau’alaikum readers, 
Jika sekarang ini aku banyak share link blogku di media sosial, itu karena selama tiga bulan ini aku ikut kelas blogspedia coaching blogger bacth 1 yang keren banget. Makanya sudah berani share link tulisan kemana-mana karena sudah pede. Padahal dulunya, meski sudah punya blog sejak 2009 dan mulai aktif ngeblog dari tahun 2017 lalu, tapi ya emang masih cupu banget. 

Tentang Blogspedia Coaching Blogger 


Apa sih blogspedia itu? Sebenarnya blogspedia adalah nama salah satu blog mbak Maritaningtyas untuk content yang relate dengan blogging. Disini mbak Marita banyak menulis tutorial dan tips seputar blogging agar ilmu yang didapatnya saat di kelas blogger nggak terlupa dan bermanfaat bagi orang lain. Berawal dari niat berbagi inilah mbak Marita membuat kelas ini agar bisa membimbing langsung para blogger yang ingin belajar blog dari nol banget. 

Sebagai blogger pemula kelas ini, cocok banget buatku karena bener-bener ngedrive cupuer kayak aku ini agar naik level menjadi blogger yang lebih baik lagi. Tahu nggak ? Selain ngasih materi, tips dan cara ngeblog, coach Marita – begitu panggilan kami di kelas juga selalu ngasih motivasi , ngingetin adab-adab blogger bahkan pernah nih kami dicemplungin ke event blogger profesional di Growthink coaching yang isinya para suhu blogger yang keren-keren itu. 

Dapat info  kelas blogger ini darimana? 


Sejak awal tahun 2020, aku tuh ikutan Kelas Literasi Ibu Profesional ( KLIP) yang membernya banyak banget, ada blogger, penulis novel, penulis di media online dan penulis pemula kayak aku ini. Mulai saat itulah aku pengen banget belajar ngeblog lebih baik lagi agar blogku semakin keren. Saat itu ada teman di Klip lagi pada ngeshare kelas blogger di Growthink, wah terlalu ketinggian buatku yang masih cupu. 

Terus mencari dan mencari kelas blogger buat pemula, tapi masih belum ketemu juga hingga pada bulan September baca status mbak Marita di facebook tentang kelas buat blogger pemula. Seneng banget, langsung japri dan mau daftar. Sebelumnya pernah japrian dengan mbak Marita karena aku pengen dibuatin template blog, tapi lama banget karena mbaknya sibuk, jadi nggak sempat dikerjakan. Pas banget, nanti bisa buat custom template sendiri begitu mbak Marita memotivasi. 

Seperti apa sih kelas ini? 


Biasanya kelas blogging itu berbayar dan mahal, iyalah ilmunya itu nggak ternilai. Tapi di kelas blogging yang satu ini gratis Rea, padahal ilmunya jaminan mutu. Makanya kami bilang kelas gratis rasa berbayar, karena coachnya nggak main-main, serius! Materinya daging semua, bahkan sebelum materi aja, kita sudah dapat tugas pemanasan sebagai latihan teliti baca perintah tugas dan disiplin ngumpulin tugas. Sayangnya aku sudah ngumpulin tugas tapi lupa submit di Google class. 

Materi kelas blogger batch1

  1. The Big Why & Adab Blogger 
  2. Kenalan dengan Beragam Niche Blog & Istilah-istilah Blogging 
  3. Membuat Blog di Blogspot 
  4. Materi Kenalan dengan Dashboard Blogspot & Segala Fiturnya 
  5. Memahami Fitur Postingan di Blogspot, Tujuan: Punya kemampuan dasar untuk posting artikel (bisa masukin gambar, masukin link, label, dsb) 
  6. Membuat & Memunculkan Page About Me di Blogspot 
  7. Membuat & Memunculkan Page Sitemap di Blogspot 
  8. Story Telling & Basic Copy Writing 
  9. Belajar Teknis Menulis Artikel SEO Sederhana 
  10. Menulis Artikel Ulasan Produk 
  11. Menulis Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata 
  12. Menulis Artikel How To/ Tips 
  13. Menulis Artikel Kuliner 
  14. Menulis Artikel Ulasan Event 
  15. Membeli dan Memasang Custom Domain di Blognya 
  16. Permak Tampilan Blog Sederhana 
  17. Bikin Infografis dan Header Sederhana Pakai Canva 
  18. Permak Tampilan Blog Lanjutan, Goal: Bisa Ganti Template pakai Template Gratisan 
  19. Personal Branding for Blogger 
  20. Membuat Content Plan & Peluang Job untuk Blogger 
  21. Tugas Akhir - 28 Des 2020, Essay dan ODOP selama 7 Hari. 
Lengkap banget kan materinya. Uwwu deh. Materi diberikan di Google Class dalam bentuk file PDF dan juga link-link yang terkait materi. Lalu ulasan materi dan diskusi dilanjut pada grup whatApps jadi ita bebas mau tanya apa saja terkait blog dan tugas. Penjelasan coach juga gamblang meski kadang kita masih suka tanya-tanya juga kalau ada kesulitan dalam membuat tugas. Kadang malah japri kalau masih nggak ngerti juga. 

Tapi, coach yang satu ini sabar banget, juga telaten ngejelasin sampai bisa. Jadi jangan khawatir ntar kalau masuk kelas ini, asal kita sabar, teliti, fokus dan mau menyisihkan waktu khusus untuk belajar, dijamin bisa deh. 

Tendangan Madun yang menggetarkan jiwa 


Setelah materi dijelaskan, akan mendapat  tugas yang harus kita kerjakan. Bukan soal pilihan ganda yang bisa ngitung kancing tapi membuat tulisan dan di posting di blog kita. Yah namanya belajar blog, jadi ya langsung nyemplung. Bahkan sejak materi SEO diberikan, tulisan kita harus sesuai kaidah SEO. Mantab banget, blogger pemula langsung praktek SEO. 

Selain harus mengumpulkan tugas tepat waktu dan tidak telat sedetik pun, tugas kita harus bener sesuai perintah. Jadi, harus teliti membaca perintah dalam setiap tugas yang diberikan. Serunya sehabis ngumpul tugas, nggak bisa senang-senang dulu, harus dicek lagi sesuai perintah belum dan jangan sampai lupa untuk setor di GC dan memastikan sudah ngeklik diserahkan. Kalau ternyata salah atau telat dari deadline, siap-siap dapat tendangan madun alias keluar dari kelas. 

Kayak disiplinnya di militer gitu ya, banget. Tapi semua kan demi kebaikan kita. Coach hanya membimbing kita agar menjadi blogger yang tahan banting, karena dunia blogger profesional itu tak semudah yang dibayangkan, nulis dibaca orang, pageview tinggi dan dapat uang. Tak semudah itu. Menjadi blogger bukan seperti pelari sprinter tapi layaknya pelari maraton, jadi butuh pijakan yang kuat agar mampu bertahan sampai garis finish

Teman-teman yang asyik 


Selain dapat ilmu blogging, di kelas ini juga dapat teman-teman belajar yang asyik. Meski tak pernah bersua secara langsung tapi keakrabannya seperti teman yang duduk bareng di kelas dan ketemu tiap hari. Selain membahas materi dan tugas, kita bisa kok bertegur sapa dan bercandaan di kelas. Kalau ada kesulitan mengerjakan tugas, kita bisa diskusi dan saling bantu gitu. Terharu aku tuh. 

Peserta kelas ini tuh bukan hanya berjauhan jarak domisili, ada yang dari ujung barat pulau Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Mataram, Kalimantan Selatan dan Timur juga Sulawesi. Tapi juga ada rentang usia yang beragam ada yang masih imut mahasiswi, ada mama muda berbalita, ada juga senior (*baca tua – tunjuk diri. Semua perbedaan ini nggak menghalangi keakraban kita. 

Insight yang didapat setelah tiga bulan belajar di kelas ini 

Tiga bulan di kelas seru


Terbayang kan serunya belajar di kelas ini. Jadi ingat pas baca kontrak belajar di awal kelas, rasanya tertantang sekaligus takut ketendang. Terlebih saat ini peserta kelas yang awalnya hampir 60 orang, tersisa tinggal 31 orang. Ada yang keluar kelas karena tendangan madun, ada juga yang undur diri karena kesibukan dan prioritas lain. Jadi berada disini hingga hari ini adalah kebahagiaan. 

Big way ngeblog sebagai panduan 

Sejak awal, coach Marita meminta kita membuat big way mengapa ngeblog. Big way ini pondasi, agar bangunan blog kita kuat. Jadi saat rasa jenuh, malas dan kesulitan dalam mengerjakan tugas, larinya ke big way ini. Lalu kita jadi kuat lagi dan siap menghadapi tantangan selanjutnya. 

Dilatih disiplin dan tepat waktu 

Apapun itu, jika ingin menjadi profesional, disiplin adalah koentji. Ngeblog itu juga harus disiplin dan punya komitmen yang kuat. Selain itu kita juga harus selalu tepat waktu, jadi jika nanti sudah pro dan mendapat tawaran kerjasama, kita nggak mengecewakan klien dengan mangkir atau telat setor content. 

Sabar dan Teliti 

Mengurus blog itu juga butuh kesabaran dan ketelitian, saat buat content kita nggak sekedar nulis, tapi juga harus memperhatikan kaidah SEO, menyiapkan infografis dan printilan lainnya. Nah ini butuh kesabaran dan ketelitian. Di kelas ini kita dilatih dua hal ini, seperti saat membaca petunjuk tugas agar kelak kita terbiasa teliti membaca brief dari klien. Kenangan yang tak terlupakan terkait ketelitian saat pasang TDL dan edit html waktu ganti template. Seru banget. 

Terus belajar dan jangan merasa puas diri 

Ilmu itu berkembang seiring jaman, demikian juga blogging, jika ingin eksis dalam dunia blogging, jangan pernah berhenti belajar. Trus upgrade ilmu baik di kelas - kelas blogging lainnya maupun aktif berkomunitas. Content yang baik dan bermanfaat itu bagus, tapi pembaca akan terus mencari content yang baru dan lain dari biasanya. Demikian juga ilmu SEO, terus tumbuh dan selalu ada yang baru. 
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi budak dari masa lalu, sementara orang-orang yang masih terus belajar akan menjadi raja di masa depan" - Anonymous

Saat harus berakhir 


Tak terasa waktu tiga bulan hampir saja usai, bertahan di kelas ini adalah kemenangan. Bukan menang berkompetisi dengan peserta lain, tapi menang mengalahkan sifat tak baik dalam diri sendiri. Rasa malas, tidak disiplin waktu dan sifat buruk lainnya. Materi yang bagus, coach sebaik apapun tak akan merubah apapun ketika kita tidak berusaha menjadi pembelajar yang baik. 

Nah jika Rea masih merasa menjadi blogger cupu, insecure, tulisan nggak berkembang, coba deh daftar kelas blogspedia coaching batch selanjutnya, InsyaAllah dengan azzam yang kuat dan adab menuntut ilmu yang baik, Rea akan jadi blogger yang nggak cupu lagi. Berani coba? Buruan daftar ya, semangat! 





Tami Asyifa
Seorang ibu dengan 7 anak, saat ini sedang menikmati menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya tapi tetap produktif. Pendidikan dan literasi adalah bidang yang menarik bagiku.

Related Posts

4 komentar

  1. Wah ternyata bu tami yang minta diajarin bikin template blog ke mba marita, kayaknya pernah baca deh hehe

    Tapi emang seneng si bisa ikut kelas ini, dapet ilmu banyak tentang blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, ketahuan. Sekarang mau minta ajarin mbak Zakia ah. Blognya keren banget

      Hapus
  2. Akhirnya saya menemukan review kelas mbak marita. Jujur deh saya penasaran banget saat beberapa teman menyebutkan "alumni kelas mbak marita"
    Materi kelasnya lengkap ya kak, trus biayanya berapa kalau boleh tahu?

    BalasHapus
  3. Akhirnya saya menemukan review kelas mbak marita. Jujur deh saya penasaran banget saat beberapa teman menyebutkan "alumni kelas mbak marita"
    Materi kelasnya lengkap ya kak, trus biayanya berapa kalau boleh tahu?

    BalasHapus

Posting Komentar